Rabu, 16 Januari 2013

Keadaan Geografis Sabah

Bagian barat Sabah umumnya pegunungan, yang berisi tiga gunung tertinggi di Malaysia. Rentang yang paling menonjol adalah Range Crocker yang merumahkan beberapa gunung dari berbagai ketinggian sekitar 1.000 meter hingga 4.000 meter. Pada ketinggian 4.095 meter, Gunung Kinabalu merupakan gunung tertinggi di kepulauan Melayu (termasuk Nugini) dan gunung tertinggi ke-10 di Asia Tenggara politik. Hutan-hutan Sabah diklasifikasikan sebagai hutan hujan tropis dan tuan rumah beragam jenis tumbuhan dan hewan. Taman Nasional Kinabalu itu tertulis sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 2000 karena kekayaan dalam keanekaragaman tanaman dikombinasikan dengan kondisi geologi yang unik, topografi, dan iklim.

Berbohong terdekat Gunung Kinabalu adalah Gunung Tambuyukon. Dengan ketinggian 2.579 meter, adalah gunung tertinggi ketiga di negara ini. Berdekatan dengan Rentang Crocker adalah Rentang Madi Trus yang merumahkan puncak tertinggi kedua di negara ini, Gunung Trus Madi, dengan ketinggian 2.642 meter. Ada rentang yang lebih rendah dari bukit memanjang menuju pantai barat, dataran selatan, dan bagian interior atau pusat dari Sabah. Gunung-gunung dan bukit-bukit yang dilalui oleh jaringan luas lembah sungai dan dalam kebanyakan kasus ditutupi dengan hutan hujan lebat.

Bagian tengah dan timur Sabah umumnya pegunungan dan dataran rendah dengan bukit-bukit sesekali. Kinabatangan River dimulai dari rentang barat dan ular jalan melalui wilayah tengah menuju pantai timur keluar ke Laut Sulu. Ini merupakan sungai terpanjang kedua di Malaysia setelah Rajang Sungai dengan panjang 560 kilometer. Hutan di sekitar lembah sungai juga mengandung berbagai habitat satwa liar, dan merupakan dataran banjir hutan tertutup terbesar di Malaysia.

Daerah satwa liar lainnya yang penting di Sabah termasuk Maliau Basin, Danum Valley, Tabin, Imbak Canyon dan Sepilok. Tempat-tempat yang baik ditetapkan sebagai taman nasional, suaka margasatwa, cadangan hutan perawan, atau perlindungan hutan cadangan.

Lebih dari tiga perempat dari populasi manusia mendiami dataran pantai. Kota-kota besar dan pusat-pusat perkotaan telah tumbuh di sepanjang pantai Sabah. Wilayah interior masih jarang penduduknya dengan desa saja, dan kota-kota kecil atau kota-kota sesekali.

Di luar pantai Sabah berbohong sejumlah pulau dan terumbu karang, termasuk pulau terbesar di Malaysia, Pulau Banggi. Pulau-pulau besar lainnya termasuk, Pulau Jambongan, Pulau Blambangan, Pulau Timbun Mata, Pulau Bumbun, dan Pulau Sebatik. Pulau populer lainnya terutama untuk pariwisata adalah, Pulau Sipadan, Pulau Selingan, Pulau Gaya, Pulau Tiga, dan Pulau Layang-Layang.

Nasional atau taman negara daerah di Sabah berada di bawah perlindungan Sabah Parks. Cadangan lain atau kawasan lindung berada di bawah pemerintahan dari Departemen Kehutanan Sabah dan Sabah Foundation.

    Kinabalu Park - gunung tertinggi di kepulauan Melayu (termasuk Nugini) dan gunung tertinggi ke-10 di Asia Tenggara politik, dengan ketinggian 4.101 meter (13.455 kaki).
    Tabin Wildlife Reserve - Stronghold untuk mamalia besar langka seperti gajah Kalimantan, badak sumatera, Kalimantan banteng dan Kalimantan macan tutul
    Danum Valley Conservation Area - lain cadangan penting bagi mamalia besar Kalimantan, termasuk Kalimantan orangutan
    Penyu Islands Park - upaya konservasi untuk penyu terancam punah
    Tunku Abdul Rahman Park - Sebuah taman nasional yang terdiri dari lima pulau di lepas pantai Kota Kinabalu
    Sipadan Park - Terletak dekat Semporna, pulau Sipadan kelautan memiliki ekosistem bawah laut yang sangat kaya.
    Pulau Tiga Taman
    Crocker Range Park
    Tawau Hills Park

Tidak ada komentar:

Posting Komentar