Rabu, 16 Januari 2013

Negara Bagian Sabah

Sabah merupakan salah satu dari 13 negara anggota Malaysia, dan negara timur nya. Hal ini terletak di bagian utara pulau Kalimantan. Ini adalah negara terbesar kedua di negara itu setelah Sarawak, yang berbatasan sebelah barat daya nya. Hal ini juga berbatasan dengan provinsi Kalimantan Timur dari Indonesia di selatan. Terlepas dari statusnya diakui secara internasional sebagai negara Malaysia, Filipina meletakkan klaim aktif atas sebagian besar bagian timur wilayah, yang Malaysia telah diberhentikan sebagai "non-isu". Ibu kota Sabah adalah Kota Kinabalu, sebelumnya dikenal sebagai Jesselton. Sabah sering disebut sebagai "Land bawah The Wind", sebuah frase yang digunakan oleh pelaut di masa lalu untuk menjelaskan tanah selatan dari sabuk topan.
Asal usul nama Sabah tidak pasti, dan ada banyak teori yang muncul. Satu teori adalah bahwa selama waktu itu adalah bagian dari Kesultanan Brunei, itu disebut sebagai Saba karena kehadiran pisang saba, jenis pisang, ditemukan di pantai daerah. Karena lokasi Sabah dalam kaitannya dengan Brunei, telah menyarankan bahwa Sabah adalah kata Melayu Brunei yang berarti hulu atau sisi utara sungai. Teori lain menunjukkan bahwa itu berasal dari bahasa Melayu yang Sabak berarti tempat di mana gula aren diekstrak. Sabah juga merupakan kata Arab yang berarti matahari terbit. Kehadiran berbagai teori membuatnya sulit untuk menentukan asal-usul sebenarnya dari nama.
Telah dikatakan bahwa Sabah pernah disebut sebagai Seludang dalam teks 1.365 Jawa dikenal sebagai Nagarakretagama ditulis oleh Mpu Prapanca.
Sabah merupakan demokrasi perwakilan dengan hak pilih universal untuk semua warga negara di atas 21 tahun. Namun, undang-undang tentang pemilihan negara berada dalam kekuasaan pemerintah federal dan bukan negara.
The Yang Dipertuan Negeri Negeri duduk di bagian atas hirarki diikuti oleh DPR negara dan kabinet negara. The Yang di-Pertuan Negeri secara resmi kepala negara namun fungsinya sebagian besar seremonial. Para menteri adalah kepala pemerintahan dan juga pemimpin kabinet negara. Legislatif ini didasarkan pada sistem Westminster dan oleh karena itu menteri utama ditunjuk berdasarkan nya atau kemampuannya untuk memimpin mayoritas majelis negara. Sebuah perwakilan pemilihan umum di majelis negara bagian harus diadakan setiap lima tahun. Ini adalah badan pemerintah hanya dipilih di negara bagian, dengan pemerintah setempat sepenuhnya ditunjuk oleh karena pemerintah negara bagian untuk penangguhan pemilu lokal oleh pemerintah federal. Perakitan bertemu di ibukota negara bagian, Kota Kinabalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar